top of page
Search

Bantuan PT. Sumatera Prima Fibreboard kepada Masyarakat Sekitar untuk Mengantisipasi Musim Kemarau

Berdasarkan data yang disediakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersamaan dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) serta Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sejak awal September lalu telah secara intensif memberikan data info grafis dan himbauan bagi masyarakat Indonesia, khususnya yang bermukim di 21 provinsi terdaftar untuk mempersiapkan diri menghadapi potensi kekeringan nasional akibat curah hujan yang kurang dari 200mm.


Dari antara 21 provinsi, wilayah Sumatera Selatan menjadi salah satu yang akan terdampak parah oleh bencana tersebut, di mana diperkirakan tidak akan menerima guyuran hujan selama 60 hari ke depan. Cuaca panas ekstrem yang melanda di tahun 2023 ini mengakibatkan beberapa wilayah harus menerima konsekuensi berupa krisis kekurangan air bersih.


Pemberian bantuan suplai air bersih PT. SPF ke warga sekitar RT 07, Kelurahan Timbangan sejumlah 5 (lima) buah drum penampungan.


Untuk menghadapi hal ini dan sebagai bentuk respons atas Surat Edaran No. 364/880/257/Damkar/2023 yang dikeluarkan Bupati Ogan Ilir berisikan anjuran agar pimpinan daerah di berbagai tingkat dan perusahaan ikut berpartisipasi aktif dalam usaha penanggulangan dampak dari musim kemarau tahun ini, PT. Sumatera Prima Fibreboard bergerak cepat dengan memberikan bantuan berupa penyaluran suplai air bersih beserta drum untuk penampung airnya. Pemberian bantuan ini merupakan salah satu dari realisasi aksi Corporate Social Responsibility (CSR) milik PT. SPF kepada warga sekitar pabrik. Suplai air dan penyediaan drum penampung air bersih ini direncanakan akan diberikan dalam beberapa tahap atau kloter. Secara total, bantuan ini telah dipersiapkan untuk didistribusikan kepada 5 rukun tetangga (RT), 2 desa, dan 1 kelurahan yang akan dibagikan secara bertahap ke dalam empat kloter. Pembagian pada kloter pertama dilangsungkan pada Kamis, 4 Oktober 2023 lalu dan diberikan kepada warga RT 07, Kelurahan Timbangan, di mana penyaluran air bersih tersebut diberikan melalui 5 buah drum penampungan oleh Tim CSR PT. SPF secara langsung.


Warga yang antusias menerima dan memindahkan bantuan air ke wadahnya masing-masing untuk digunakan sehari-hari.



Diharapkan bantuan dari PT. SPF dapat semakin mempersiapkan dan meningkatkan ketahanan warga sekitar dalam menghadapi bencana kekeringan yang akan melanda selama beberapa minggu ke depan. Diketahui bahwa untuk di Provinsi Sumsel sendiri kondisi kekeringan ekstrem telah berlangsung sejak bulan Juli. Informasi dari BMKG menyatakan bahwa sejak Juli, intensitas curah hujan di Provinsi Sumsel berangsur-angsur berkurang dan hanya turun di sebagian kabupaten kota. Hal ini mengakibatkan wilayah Palembang, Musi Banyuasin, Ogan Komering Ilir, Ogan Komering Ulu Timur, Musi Rawas Utara, Kota Ubuk Linau, Kabupaten Banyuasin, Kabupaten Muara Enim, dan Kabupaten Ogan Ilir akan menjadi daerah yang paling terdampak oleh kemarau panjang ini.


Comentarios


bottom of page