top of page
Search

MDF untuk Teras dan Taman: Pilihan Tahan Cuaca dan Tahan Lama

Rerumputan halus, bunga warna-warni, saung yang empuk, kanopi yang besar — semuanya membentuk gambaran teras rumah yang nyaman. Area semi-outdoor yang berada di depan, tengah, maupun belakang rumah ini merupakan ruang yang ideal untuk bersantai maupun menerima tamu dan keluarga Anda. Menata teras atau taman Anda seindah mungkin dapat membuat siapapun semakin kerasan untuk bersantai di rumah Anda.


Nah, salah satu cara untuk mempercantik area teras atau taman Anda adalah dengan menambahkan furnitur tepat guna. Memilih bahan serta jenis furnitur yang akan dipakai di teras atau taman Anda dapat menyempurnakan tampilan keseluruhan rumah Anda. Jika Anda sedang mencari bahan yang tahan lama dan terjangkau untuk furnitur outdoor Anda, papan MDF bisa menjadi pilihan yang menarik.


Papan MDF merupakan papan rekayasa kayu yang memiliki permukaan halus dan dapat dengan mudah dibentuk menjadi apa saja. Namun, tahukah Anda bahwa papan MDF juga dapat digunakan untuk membuat furnitur outdoor? Berikut cara-caranya.


Furnitur outdoor berupa kursi taman dan meja taman
mrsiraphol / Freepik

Kenalan dengan MDF Tahan Lembab

Tidak semua jenis papan MDF memiliki karakteristik yang tahan cuaca dan kelembaban hingga dapat digunakan untuk furnitur outdoor. Papan MDF biasa dapat mengembang atau melengkung jika terkena air atau panas matahari, sehingga kurang cocok untuk digunakan di area yang lebih rentan terkena perubahan cuaca. Oleh karena itu, memberikan lapisan pelindung atau memodifikasi komposisi dari papan MDF dapat mengubah ketahanan dan propertinya.


MDF Hijau merupakan bentuk modifikasi terhadap papan MDF yang hanya terdiri atas serat kayu yang dipadatkan dengan lem dan resin. MDF Hijau menggunakan resin anti lembab untuk meningkatkan ketahanan serat kayu terhadap air dan kelembaban. Jenis papan ini juga diproduksi dengan emisi formaldehida yang sangat rendah, sehingga kerap dianggap sebagai alternatif MDF yang lebih ramah lingkungan.


Selain menggunakan MDF Hijau yang tahan lembab, Anda juga bisa menambahkan lapisan melamin untuk menambahkan warna, pola, dan tekstur yang menarik pada papan MDF Anda. Anda dapat memilih lapisan melamin dengan finish warna solid, tekstur kayu, tekstur kain, tekstur batuan, maupun tekstur logam seperti yang diproduksi oleh PT Sumatera Prima Fibreboard.


Sepertangkat kursi santai di luar ruangan yang diletakkan di depan partisi dari kayu dan perapian
Dário Gomes / Unsplash

Tips Menggunakan MDF di Area Outdoor

Selain menggunakan tipe MDF yang anti lembab dan menambahkan lapisan pelindung pada papan MDF Anda, ada beberapa hal yang juga perlu diperhatikan sebelum memilih MDF untuk membuat furnitur outdoor Anda.


  • Pilih Lokasi Terlindung: Penempatan furnitur menjadi faktor yang perlu diperhatikan ketika menggunakan perabot berbahan dasar kayu. Tempatkan furnitu atau elemen MDF di area teras atau taman yang terlindung dari hujan dan paparan sinar matahari. Teras beratap atau area di bawah pohon besar bisa menjadi pilihan penempatan yang baik untuk furnitur MDF. Hindari area kolam atau air mancur karena MDF Anda akan sering terkena cipratan air.


  • Jangan Tunda Pembersihan: Karena bahannya yang terbuat dari kayu, Anda sebaiknya tidak menunda membersihkan furnitur MDF ketika kotor atau terpapar cairan. Membersihkannya secara langsung dapat mencegah terserapnya cairan dan kotoran ke pori-pori papan MDF.


  • Berikan Lapisan Pelindung: Memberikan lapisan pelindung dapat meminimalisir terserapnya percikan air yang menyentuh permukaan MDF. Lapisan pelindung dapat berupa lapisan melamin, cat, atau varnish eksterior yang diaplikasikan secara berkala.

Begitulah caranya Anda dapat menggunakan MDF untuk teras, taman, dan ruang eksterior lainnya. Jangan lupa untuk memberikan pertahanan tambahan pada papan MDF yang Anda gunakan sehingga dapat digunakan untuk jangka waktu yang lama. Jika Anda ingin mencari papan MDF Hijau dan MDF yang dilapisi melamin, hubungi PT Sumatera Prima Fibreboard (www.spf.co.id).

Comentários


bottom of page