top of page
Search

Panduan Karya: Simak 3 Ide Kreatif Berkarya dengan MDF

Kayu merupakan bahan furnitur paling populer untuk digunakan semua orang. Tak hanya ia mudah untuk didapatkan, kayu juga mudah untuk dibentuk, ringan, dan memiliki harga terjangkau. Daya tahan furnitur kayu juga sudah tidak perlu dipertanyakan lagi — banyak furnitur kuno yang masih berdiri kokoh tanpa perlu melakukan perbaikan dan pembaharuan untuk mempertahankan kualitas materialnya.


Medium Density Fibreboard (MDF) merupakan salah satu wujud modifikasi kayu olahan yang terbuat dari serpihan kayu yang dipadatkan ke dalam bentuk papan. Serpihan-serpihan kayu ini disatukan menggunakan lem dan resin sebelum ditekan dengan temperatur tinggi hingga menjadi papan yang padat. Dibandingkan dengan jenis kayu olahan lainnya, ketahanan MDF kerap membuatnya menjadi bahan favorit untuk dijadikan furnitur rumah tangga maupun perkantoran.


Sampel Medium density fibreboard (MDF)
(c) PT Sumatera Prima Fibreboard

Tapi, apakah kamu tahu bahwa MDF juga dapat digunakan untuk kreasi kreatif di rumah? Tak hanya kokoh, MDF juga mudah untuk dibentuk sesuai dengan kebutuhan proyek atau sehari-hari Anda. Berikut beberapa ide kreatif berkarya dengan MDF yang bisa Anda buat.


  • Bingkai Foto dan LukisanBahan MDF yang tebal cocok untuk digunakan sebagai pelindung foto dan lukisan favorit Anda. Anda hanya memerlukan papan MDF dengan ketebalan 18 mm yang kemudian dipotong menjadi empat bagian sesuai dengan ukuran foto atau lukisan yang Anda miliki. Anda bisa melapisinya dengan cat dan pelapis agar mendapatkan finish yang halus dan berkilauan sebelum memajangnya sebagai dekorasi rumah Anda.



  • Kotak PenyimpananAda berbagai macam pilihan kreasi kotak penyimpanan menggunakan papan MDF. Anda bisa membuat kotak penyimpanan sederhana ataupun memberikannya bantalan empuk dan menyulapnya menjadi kursi penyimpanan. Kotak penyimpanan dari bahan MDF juga dapat dibuat dalam berbagai macam ukuran dan disesuaikan dengan kebutuhan pribadi Anda.


  • Dekorasi RumahPermukaan papan MDF yang halus dapat dijadikan dasar dekorasi dinding seperti lukisan atau cetakan kayu (wood print) yang memberikan warna unik di rumah atau kantor Anda. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan MDF sebagai basis dekorasi instalasi kreatif. Cara perawatannya pun mudah, Anda cukup menjauhkannya dari sinar matahari langsung, menyimpannya di tempat kering, dan membersihkannya dari debu berlebih agar usianya dapat bertahan lebih lama.


Bingkai foto kayu yang berwarna hitam di atas tunggul pohon berwarna coklat
(c) Freepik

Demikianlah beberapa ide kreatif berkarya dengan papan MDF. Anda bisa mengeksplor lebih banyak lagi karya berbasis kayu lainnya yang dapat menggunakan MDF sebagai bahan dasarnya. Gunakan MDF berkualitas tinggi untuk kebutuhan proyek dan sehari-hari Anda dari PT Sumatera Prima Fibreboard (www.spf.co.id).

Comments


bottom of page