top of page
Search

PT Sumatera Prima Fibreboard (SPF) Pulihkan Daerah Aliran Sungai Di Indralaya

Indralaya, 5 Juni 2024 —  Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLHS) Tahun 2024, dan sebagai bentuk komitmen manajemen dalam pengelolaan dan kelestarian lingkungan maka PT Sumatera Prima Fibreboard (SPF) melaksanakan penanaman bibit pohon yang bertempat di Desa Tanjung Baru, Kecamatan Indralaya Utara, Kabupaten Ogan Ilir.


Staf PT SPF dan pejabat Kabupaten Ogan Ilir melakukan penanaman pohon di DAS Indralaya

Dipilihnya Desa Tanjung Baru bukanlah tanpa alasan. Letak desa yang berada di pinggir Sungai Kelekar merupakan salah satu wilayah yang harus dijaga ekosistemnya. Atas dasar itulah kegiatan penanaman pohon yang merupakan rangkaian kegiatan peringatan HLHS tahun 2024 dilakukan di Daerah Aliran Sungai (DAS).


Pada kegiatan tersebut, turut hadir PLT Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Ogan Ilir, Mira Diani dan Camat Kecamatan Indralaya Utara, Syaiful Anwar. Dalam sambutannya, mereka mengekspresikan apresiasinya terhadap kegiatan yang dilakukan oleh PT SPF untuk melestarikan lingkungan. Kegiatan ini berhasil menanam 150 bibit pohon di DAS Desa Tanjung Beru.


Foto bersama setelah kegiatan CSR

Tidak hanya kegiatan menanam pohon saja, PT SPF juga memberikan bantuan berupa pupuk kompos dan pupuk organik cair ke petani Desa Tanjung Baru. Harapannya, semakin banyak petani akan tergerak untuk menggunakan pupuk organik di tengah maraknya penggunaan pupuk sintetis yang harganya juga semakin mahal. Selain dapat meningkatkan jumlah produksi pertanian, pupuk organik juga ramah lingkungan. Bahannya yang alami dapat memperbaiki kesuburan dan kandungan tanah.


PT SPF sendiri memproduksi pupuk kompos tersebut dengan memanfaatkan kulit kayu sebagai bahan baku utama. Kulit kayu tersebut ditambahkan dengan bahan starter kompos yang telah melewati uji coba dengan Fakultas Pertanian Universitas Sriwijaya. Sedangkan, pupuk organik cair dibuat dengan memanfaatkan limbah organik yang berasal dari kantin dan diolah dengan bakteri lokal.

PT Sumatera Prima Fibreboard merupakan produsen Medium Density Fibreboard (MDF) terbesar di Indonesia, dengan dua lini produksi yang berkesinambungan. Papan fiber yang diproduksi SPF memiliki ketebalan yang variatif, dimulai dari varian super thin (1,0 mm) hingga yang tebalnya 25 mm. Saat ini PT Sumatera Prima Fibreboard (www.spf.co.id) berbasis di dekat Palembang, Sumatera Selatan dan telah mempekerjakan sekitar 500 orang di pabriknya.

Comments


bottom of page