top of page
Search

Sertifikasi TKDN PT. Sumatera Prima Fibreboard : Material Hasil Produksi Karya Anak Bangsa

Sejak Agustus 2023 lalu, PT. Sumatera Prima Fibreboard merupakan salah satu perusahaan yang sudah secara resmi mendapatkan sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dari Kepala Pusat Peningkatan Produk Dalam Negri – disingkat P3DN – yakni Ibu Nila Kumalasari. Sertifikasi ini diberikan untuk beberapa produk papan melamin yang dibuatnya, seperti Medium Density Fibreboard (MDF), Compact Density Fibreboard, Melamine-Faced MDF (MFM), dan Melamine-Faced Plywood (MFP). Namun, sebelum mengulik lebih jauh mengenai sertifikasi TKDN yang diperoleh oleh PT. Sumatera Prima Fibreboard, mari kita bahas terlebih dahulu di bawah ini mengenai definisi dan pentingnya TKDN!



 

Apa itu TKDN?

 

TKDN adalah salah satu aspek terpenting untuk memastikan sehatnya rantai pasokan barang dan jasa yang ada dalam negeri. TKDN merupakan persentase nilai komponen produksi suatu barang dan jasa yang dibuat dalam negri. Hal-hal yang dipertimbangkan dalam persentase nilai komponen ini sendiri mulai dari material bahan baku, mesin yang digunakan untuk memroses, SDM yang ikut mengelola, bahkan sampai biaya angkutan yang ditawarkan untuk setiap item harga barang dan jasa. Peraturan Pemerintah No. 16 Tahun 2011 mengatur bahwa TKDN dihitung dengan cara melakukan perbandingan antara harga barang jadi yang dikurangi dengan harga komponen luar negri terhadap harga barang jadi. Sebuah produk diatur untuk setidaknya memenuhi minimal sebanyak 40% berbagai penggunaan produk dalam negri dalam proses pengadaan produk tersebut.

 

Mengapa TKDN menjadi penting?

 

TKDN memiliki banyak manfaat yang tidak hanya menguntungkan pemerintah dan perusahaan yang memproduksi barang dan jasa, tetapi juga masyarakat negara tersebut. Beberapa manfaat TKDN adalah :

  • Produk bersertifikasi TKDN otomatis didukung dan dimasukkan oleh pemerintah ke dalam daftar barang prioritas untuk dipilih dan dibeli, yakni barang-barang yang akan dimasukkan ke dalam daftar yang direkomendasikan penggunaannya ketika instansi pemerintahan yang menggunakan APBD dan APBN, membutuhkan pengadaan jenis barang terkait.

  • Salah satu hal yang mempengaruhi penilaian dan pemberian sertifikasi TKDN juga adalah sumber daya manusia (SDM) yang ikut dalam proses produksinya. Untuk memenuhi hal ini, perusahaan didorong dan diwajibkan mengutamakan untuk mempekerjakan tenaga kerja dalam negeri, sehingga menciptakan peluang kerja baru dan mengurangi tingkat pengangguran dalam negri.

  • Dengan mengutamakan penggunaan bahan baku material dalam negri sebagai salah satu syarat perhitungan pemberian komponen nilai sertifikasi TKDN, maka ini mendorong perusahaan untuk mencari dan memanfaatkan bahan baku dari dalam negri sendiri, mengurangi ketergantungan pada impor, sehingga pada akhirnya mewujudkan penghematan pada pengeluaran devisa negeri.

 

 

Sertifikasi PT. Sumatera Prima Fibreboard

 

Untuk mendukung pencapaian manfaat-manfaat di atas, PT. Sumatera Prima Fibreboard semakin membuktikan komitmennya terhadap pemberdayaan SDM, penggunaan material dalam negri, serta pertumbuhan ekonomi dalam negri salah satunya adalah dengan memenuhi segala persyaratan untuk memperoleh sertifikasi TKDN. Dalam setiap proses rantai produksi pembuatan aneka produk-produk papan fibernya, PT. SPF memaksimalkan pemanfaatan bahan material yang berasal dari dalam negri dan diperoleh secara bertanggung jawab. Selain itu, PT. SPF juga kerap merekrut dan mempekerjakan warga sekitar untuk membantu dalam setiap proses produksinya.  Atas hal-hal yang sudah dilaksanakannya tersebut, PT. SPF pun memenuhi berbagai persyaratan untuk mendapatkan sertifikasi TKDN untuk produk-produknya, dengan komponen persentase nilai di bawah ini :


 

Untuk terus mengetahui berbagai kegiatan Corporate Social Responsibility serta perolehan sertifikasi yang dilakukan oleh PT. Sumatera Prima Fibreboard, pastikan untuk mengunjungi kami di sini (www.spf.co.id).

Comments


bottom of page