top of page
Search

Keunggulan Medium Density Fibreboard : Perbandingan Kekuatan Material MDF vs. Particle Board

Medium Density Fibreboard atau MDF merupakan salah satu material yang paling dicari selama beberapa tahun terakhir untuk berbagai keperluan furnitur dan dekorasi interior. Kemudahannya untuk ditemukan serta harganya yang juga terjangkau menjadikan orang-orang yang ingin atau sedang membangun areanya banyak beralih ke penggunaan MDF dari alternatif lainnya MDF sendiri seperti namanya merupakan papan material bangunan yang terbuat dari fiber-fiber kayu dicampur dengan lem dan resin, dan kemudian disatukan dengan cara ditekan dengan suhu tinggi.


Ilustrasi papan MDF (kiri) dengan particle board (kanan)

 

 

Tidak jarang, karena sama-sama merupakan material papan k ayu buatan, MDF disalahartikan dengan material kayu buatan lainnya, salah satunya adalah dengan particle board. Walaupun sama-sama merupakan material papan kayu buatan, tetapi kedua jenis papan kayu ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Untuk dapat semakin membantu anda memilih material terbaik, di bawah ini akan kami bahas bersama perbedaan antara MDF vs. particle board!

 

Perbedaan Medium Density Fibreboard (MDF) vs. Particle Board

 

  • Komposisi : Walaupun sama-sama merupakan papan hasil kayu olahan yang dicampur oleh lem resin serta ditekan dengan suhu tinggi, tetapi bahan pembentuk kedua papan ini memiliki sedikit perbedaan. MDF memanfaatkan fiber kayu untuk dicampur dengan lem resin, sedangkan particle board menggunakan sisa-sisa serbuk kayu dari hasil proses pengolahan kayu sebelumnya, seperti serpihan, serbuk, dan serutan gergaji kayu.

  • Kepadatan : Dapat dibilang MDF memiliki ketahanan yang lebih tinggi dibandingkan dengan particle board. Hal ini dikarenakan MDF ditekan dengan suhu tinggi dengan kekuatan yang lebih besar, sehingga memperoleh kepadatan hingga 500 sampai 1000 kg/m3. Di lain sisi, kepadatan yang dimiliki oleh particle board hanya berkisar antara 160-450 kg/m3.

  • Kekuatan : Perbedaan kepadatan tentunya berpengaruh juga terhadap kekuatan papan selama penggunaan. Walaupun particle board cocok untuk dibuat sebagai furnitur yang dikhususkan untuk menyanggah beban berat seperti rak, namun MDF secara keseluruhan memiliki kekuatan yang lebih superior. Tidak hanya kuat untuk menahan beban berat dengan tidak mudah bengkok maupun retak, MDF juga lebih tahan ketika dipaparkan pada kondisi lembap.   

  • Keserbagunaan : Baik MDF maupun particle board, keduanya sama-sama dapat diubah menjadi berbagai furnitur sesuai kebutuhan yang anda inginkan di ruangan. Namun, perbedaan kekuatan dan kepadatan menjadikan salah satu papan ini memiliki kemudahan lebih dari yang lainnya ketika diproses menjadi furnitur. MDF dengan permukaan yang lebih halus serta kepadatannya lebih fleksibel ketika menerima pemasangan sekrup, berbeda dengan particle board yang lebih rentan terbelah ketika pemasangan sekrup atau pengerjaan dilakukan di area pinggiran.  

  • Harga : Di pasaran, particle board dapat anda temui dengan harga yang cenderung lebih murah dibandingkan dengan MDF. Hal ini tidak mengherankan mengingat dalam pembuatannya, particle board menggunakan sisa-sisa serpihan produksi kayu, sedangkan material MDF didapat dari batang-batang kayu yang diuraikan menjadi serat-serat lebih kecil.

  • Keramahan terhadap lingkungan : Baik papan MDF maupun particle board, keduanya sama-sama sangat baik untuk dijadikan material alternatif dekorasi ruangan ketika kita sekaligus ingin sadar terhadap kelestarian lingkungan. Keduanya merupakan papan kayu olahan yang memanfaatkan sisa-sisa produksi kayu sebelumnya – particle board dengan memanfaatkan serbuk-serbuk pemotongan dan pengolahan kayu, sedangkan MDF, khususnya yang diproduksi oleh PT. Sumatera Prima Fibreboard, memasok kayunya dari batang pohon karet yang sudah tidak produktif dan kemudian diolah agar tetap dapat berdaya guna.

 

 

Itulah beberapa perbedaan dan persamaan yang dimiliki antara papan MDF dan particle board. Walaupun sama-sama merupakan papan olahan kayu, keduanya memiliki performance yang berbeda. Oleh karena itu, bila anda memiliki budget lebih dan membutuhkan bahan furnitur yang lebih tahan banting dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama, MDF dapat menjadi solusinya!

 

Jika anda sedang mencari supplier papan MDF dengan kualitas tinggi dan berpengalaman di bidangnya, pastikan untuk hanya mempercayakannya pada PT. Sumatera Prima Fibreboard (www.spf.co.id).

Comments


bottom of page